Friday, February 22, 2013

Aturan Bermain #EstafetBuku


Konsep bermain #EstafetBuku sama seperti ketika kalian bermain olahraga Lari Estafet sewaktu jaman sekolah dahulu. Seorang atlit berlari membawa sebuah tongkat yang pada titik jarak tertentu akan ia estafet/berikan ke atlit lainnya yang akan terus membawa tongkat tersebut hingga sampai di titik berikutnya dan terus berulang. Demikian pula #EstafetBuku

1. Follow First, Running Next!

Apa tanda kalau kamu boleh ikut serta bermain di semesta #EstafetBuku? Cukup mudah, kamu cukup follow @EstafetBuku. Supaya ada beberapa hal yang bisa kami komunikasikan via DM. Selanjutnya kamu tinggal pilih buku yang ada di semesta Estafet Buku

2. Sirkulasi (Alur Perjalan Buku)
   - Semua orang yang ada di area bermain #EstafetBuku kita sebut sebagai ‘Runner’. Masing-masing Runner akan berdiri di titik start untuk memulai mengestafetkan perjalanan sebuah buku ke semesta. Formatnya adalah:
@EstafetBuku| Judul Buku-Pengarang | Lokasi Runner | Deal #EstafetBuku 
Contoh: 
@EstafetBuku | Madre-Dee | Depok | ongkir <20 ribu gue tanggung #EstafetBuku 

   - Apa itu 'deal'? 'Deal' adalah ketentuan yang disepakati bersama dengan Starter atau Runners sebelum kamu. Deal pada contoh diatas adalah: "Ongkir 20ribu". Boleh juga kamu janjian untuk isi pulsa si Starter/Runners sebelum kamu sebagai kompensasi. Bebas, #EstafetBuku tidak membatasinya.



   - Admin akan memantau siapa saja yang Runner yang merespon untuk judul buku tsb dan mendaftarkant antrian berdasarkan history mention serta memberi tahu ke semesta gimana situasi antrian tsb.
Ketika buku tsb diestafetkan ke Runner berikutnya, maka formatnya sbb:
@UsernameRunner1 > @UsernameRunner2 | Judul Buku-Pengarang | Lokasi | Pesan-Pesan #EstafetBuku
Contoh:
@uswahabibah > @rheamargareth | Madre-Dee | Depok | Selamat jalan, Madreku #EstafetBuku
begitu seterusnya.

4. Durasi Membaca/Peminjaman
Setiap buku mempunyai durasi peminjaman paling lama satu bulan. Apabila Runner melebihi batas waktu pengembalian ia boleh memperpanjang dengan men-tweet konfirmasi ke @EstafetBuku. 
5. Tracking Antrian Runner
Admin akan mengupdate antrian setiap buku ke semeta semutakhir mungkin agar Runners tahu bagaimana situasi antriannya.
6. Pembatalan Antrian
Runner wajib memberitahukan kepada Admin apabila ia berhenti berharap *halah* dan lelah menunggu antrian judul buku tsb. Runner yang membatalkan akan dihapus namanya dari daftar antrian judul buku tsb. 
7. Pindah Track Buku
Selayaknya lari estafet, semua Runner sudah mempunyai track masing-masing untuk melarikan buku tsb. Jadi, seorang Runner harus menuntaskan perjalanan buku tsb dan mengestafetkannya ke Runner berikutnya terlebih dahulu untuk akhirnya berpindah track ke judul buku lainnya yang ia inginkan. Masalah banyaknya antrian ya itu sudah takdir harus menunggu, nah bisa sekalian melatih kesabaran dan kesetiaan kan? 
8. Mapping Track Buku
Untuk mengetahui history perjalanan buku tsb, setiap Runner starter akan menempelkan secarik kertas yang akan diisikan informasi sbb:
@UsernameRunner, Tanggal Pinjam, Kota
hal ini bertujuan untuk mengetahui perjalanan buku tsb dan membuka kesempatan bagi para Runner yang menggeluti buku yang sama untuk saling sharing

9. Twitpic Buku
Runner dipersilahkan untuk mendokumentasikan kondisi buku tsb dengan men-twitpic-kannya, seru banget kalo tahu gimana kondisi buku tsb setelah jalan-jalan keliling Depok-Jakarta-Ambon-Medan-Padang sementara mungkin starternya masih bertahan di kota asal 
10. Re-promote
Apabila sebuah judul buku macet dan belum mendapatkan Runner berikutnya, kewajiban para Runners juga untuk mempromosikan buku tsb, ya seperti nyomblaing temen sama temen yang lain biar dapet jodoh :D 

Kurang lebih itu aturan main #EstafetBuku, jika ada yang kurang jelas bisa ditanyain kok sama mimin, pasti mimin jawab :)
Selamat berlari :)
Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tinggalkan komentar :)

3 comments:

  1. Hmm, kalau belum praktek kayaknya agak ribet juga ya. Apalagi daku yang jauh dari kantor post. Hmm tapi kayaknya seru, jadi kita tinggal bayar ongkir kalau mau baca buku itu.
    :)

    ReplyDelete
  2. Hallo! Nggak ribet kok, yang rempong admin-nya, hehe! Kamu tinggal update2 aja sama @EstafetBuku. Terima bukunya, baca, dan estafetkan lagi ke semesta :) Praktikum aja, dulu, hehe..

    ReplyDelete
  3. Oiya Ayuni Adesty, kira-kira bagian mana yang menurut kamu 'agak ribet'? Boleh kok ngasih masukan. Nanti mimin bantu cari solusinya. Supaya kita semua bisa tetep fun dengan permainan berbagi 'racun' buku ini :)

    ReplyDelete